Ada banyak orang yang menganggap jika belajar itu merupakan hal yang sangat membosankan hal ini disebabkan oleh beberapa aspek dan untuk mengetahuinya lebih lanjut,silahkan fokuskan diri anda pada hal-hal yang jelaskan dibawah ini.tentu anda berfikir emangnya  kenapa ada orang yang malas belajar ? apakah karna tidak ada yang mau mengajari ? saya rasa tidak ! karena belajar tidak selamanya dari Guru ataupun orang yang lebih bisa, Belajar bisa dari Buku,Pekerjaan,dan lain lainya.

didalam proses belajar ada banyak faktor penghambat kita dalam fokus pada pelajaran kita dan Hal-hal dibawah ini akan memperjelas alasan kenapa anda malas untuk belajar :

Pertama,anda malas belajar karena anda tidak punya target yang jelas misalkanpada saat anda belajar Matematika,Fisika dan lain sebagainya saya rasa kebanyakan diantara anda hanya mempelajari hal tersebut karena tuntutan Sekolah bukan karena ada memiliki target untuk memahaminya.tentu anda kini mulai menyadari hal itu,jika ternyata terlalu sering kita mempelajari sesuatu tampa target yang tidak jelas. bisa saya gambarkan bagi anda yang tidak memiliki target belajar yang jelas itu seperti orang yang main bola,mengumpan sana sini,sampai diujung lapangan ternyata gak ada gawang. maka seperti itulah anda yang tidak memiliki target BELAJAR.

Kedua,Merasa pelajaran gak penting adalah hal yang juga sering hinggap dipikiran kita ketika belajar,misalkan pada masa SMA banyak diantara kita yang terkadang berfikir,”ngapain belajar Fisika toh nanti saya mau jadi Musisi” ataupun “ngapain belajar Matematika lah nanti saya mau jadi Koki” dan masih banyak lagi presepsi-presepsi yang membuat apa yang dipelajari itu terasa tidak penting untuk kita nantinya.dan karena itu banyak orang yang belajar tidak ada yang tersimpan sama sekali dimemorynya.dan harus kita sadari jika semua yang ada di dunia ini merupakan pelajaran berharga yang akan kita gunakan juga nantinya.misalkan lagi nih, mungkin didalam kepala anda tidak ada keinginan untuk   belajar Neuro Linguistic Proggraming (NLP) ataupun Hipnosis yah mungkin anda beranggapan bahwa “ngapain belajar hal tersebut gak ada gunanya”,jika demikian saya justru tertawa dan melihat anda konyol karena anda telah melewatkan pengetahuan yang sangat luar biasa,pengetahuan yang menyediakan anda peralatan untuk hidup anda sehingga akselerasi pada setiap mimpi-mimpi anda bisa tercapai dan anda bisa lebih menguasai diri anda sendiri bukan malah anda yang dikuasai dengan emosi-emosi anda.ahh masih banyak lagi dah manfaatnya.upss ngapain juga saya jelasin ini yah ? inikan RAHASIA,jika ingin tahu belajar sendiri ahh…LANJUT

Ketiga,Ada hal yang lebih menarik dari apa yang akan kita pelajari.ibarat jika anda sedang main game tapi kemudian kekasih yang begitu anda sayangi datang menyapa anda,yah pasti anda tidak fokus lagi dengan permainan anda bahkan anda berhenti untuk bermain maka demikian juga pada saat kita belajar,jika ada yang lebih menarik perhatian kita dari pada belajar maka tidak ada yang masuk dan fokus pada apa yang kita pelajari.misalkan pada saat anda belajar tiba-tiba ada teman yang berbuat aneh-aneh sehingga menarik perhatian anda untuk memperhatikanya,ataukah pada saat anda sedang asyik belajar,eh malah ada cewe cantik yang lewat.nah jika ada yang lebih menarik dari pada belajar maka saya yakin belajar anda tidak akan maksimal.

Keempat,Keraguan pada kemampuan diri sendiri atau yang bisa disebut dengan tidak percaya diri alias PD.kenapa demikian hal ini saya masukkan kedalam hal yang tidak membuat anda fokus dalam belajar ? karena banyak diantara kita ketika ia mempelajari sesuatu justru yang muncul adalah prasangka yang negatif misalkan” ini sangat sulit,saya mana bisa belajar ini ! ” ataupun “yah kemampuan saya bukan disini,saya gak bisa belajar ini ! “.nah presepsi tersebut sering kali muncul begitu saja tampa kita sadari.hal ini menunjukkan jika masih banyak ketidak percayaan pada diri kita sendiri. nih saya mau menguji diri anda :
Tulisakan atau pikirkan ada berapa banyak Kelebihan anda ?
Tuliskan juga ada berapa banyak kekurangan anda ?
Jika anda sudah melakukanya,silahkan bandingkan mana yang lebih banyak,apakah kelebihan anda ataukah justru kekurangan anda ?
Jika kekurangan anda lebih banyak maka itu artinya anda adalah orang yang tidak percaya diri,tidak percaya atas kemampuan anda sendiri.

Kelima,Pikiran-Pikiran yang menjustifikasi atau dengan kata lain pikiran negatif terhadap suatu pengetahuan.ini sangat banyak terjadi disekitar kita karna adanya pikiran negatif terhadap pengetahuan itu sendiri.misalkan HIPNOSIS, ada banyak orang yang berpikiran negatif tentang pengetahuan ini,ada yang menganggapnya sebagai ilmu untuk nipu,nyolong dan lain sebagainya.hal ini tidak lepas juga dari pemberitaan yang kurang tepat sehingga masyarakat menaruh pikiran negatif terhadap pengetahuan ini.dan akhirnya sangat jarang orang mau mempelajarinya,padahal Hipnosis adalah pengetahuan yang sangat luar biasa yang sangat berguna pada diri Manusia yang memahaminya,misalkan Meningkatkan percaya diri,pengobatan phobia dan traumatis,menghentikan kecanduan rokok ataupun narkoba,meningkatkan kemampuan komunikasi dan ada banyak lagi manfaatnya. nah pada kasus ini bisa kita tahu jika ada banyak orang yang kehilangan kesempatan besar untuk memmpelajari sesuatu hanya karena pikiranya yang selalu negatif terhadap pengetahuan itu.

Keenam, Kesombongan juga akan mengantarkan anda pada jenjang kebodohan dimana anda selalu merasa anda sudah hebat dan pintar sehingga anda selalu berfikir “ngapain belajar ini,itu ” justru ini yang saya sebut dengan kebodohan karena mereka yang memiliki sifat sombong tidak akan mendpatkan apa-apa selain kesombonganya sendiri.misalkan ada orang yang sudah merasa hebat didunia bisnis bahkan dia sudah berpengalaman sehingga ia berfikir “ngapain ikut seminar dan training ” sehingga ia hanya tetap pada kemampuan yang ia sombongkan itu tampa adanya kemajuan. dan masih banyak contoh kasus lainya yang bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.

Jika anda benar-benar mehami hal-hal diatas,maka mestinya anda pasti lebih sadar dan bisa keluar dari persoalan-persoalan itu.dan jika anda berhasil keluar dari persoalan itu maka saya sangat yakin jika anda akan menjadi seorang pembelajar yang hebat yang akan mengenal dunia .karena dari belaja itulah manusia bisa mengalami kemajuan dan perkembangan.jika anda hanya diam dan tidak ingin  belajar maka anda sama saja dengan merencakan pembuhunan terhadap diri anda sendiri.

“Tidak mungkin ada kemajuan tampa adanya perubahan dan orang yang tidak bisa mengubah cara berfikirnya maka tidak akan bisa mengubah apa-apa didalam hidupnya kecuali mempercepat Kematianya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *