apa itu deja vu

apa itu deja vu ? mungkin pertanyaan ini hadir juga dalam diri anda ?persitiwa deja vu adalah peristiwa yang hampir semua orang dudunia pernah mengalaminya,mungkin termasuk anda ? peristiwa ini memang sulit dimengerti asal usulnya tapi mampu dirasakan oleh indra kita.mungkin anda pernah mengunjungi suatu tempat yang baru entah itu pegunungan,objek wisata dan lain sebagainya kemudian pada saat berada ditempat tersebut anda merasa jika anda sudah pernah mengunjungi tempat itu sebelumnya,tapi anda tidak tahu pasti kapan peristiwa itu terjadi ? ataukah mungkin anda pernah duduk-duduk disebuah kursi dan tiba-tiba anda merasa jika peristiwa pada saat itu sudah pernah terjadi sebelumnya ? namun disaat anda mencoba mengingat kapan peristiwa itu terjadi maka saat itulah otak anda akan kebingungan untuk mencari informasi tentang perasaan yang anda rasakan saat itu.dan sering juga berhubungan dengan benda atau seseorang dimana anda merasa pernah menemui atau melihat orang atau benda tersebut tetapi anda tidak tahu kapan dan dmana waktunya.nah persitiwa-peristiwa tersebut tentu pernah anda rasakan ? dan sering kali ada yang mengait-ngaitkan peristiwa tersbeut dengan hal-kal metafisik sampai ada hyang mengatakan jika itu adalah kekuatan dari indra keenam manusia.pertanyaanya pakah benar hal demikian ? apa anda percaya jika itu terjadi karena adanya kekuatan indra keenam ? entah seperti apa benarnya yang jelas peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang disebur “Deja vu” yang berasal dat sebuah frasa prancis yang artinya pernah melihat atau pernah merasa.dan dalam bahasa yunani juga memiliki istilah seintifik yang disebut dengan paramensia yang berarti ingatan yang sejajar.

terlepas dari unsur mistik ada beberapa ahli yang mencoba melakukan eksprimen tentang fenomena deja vu ini,beberapa ilmuwan beranggapan bahwa fenomena deja vu  terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu dari pada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain,artinya adanya perbedaan waktu dalam penerimaan informasi dari mata dan menghasilkan ada infromasi  yang lebih cepat diterima oleh  mata yang satu yang kemudian disusul dengan mata lainya sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” namun teori ini mendapat bantahan dari kasus yang terjadi pada orang buta karena pada seorang yang butapun juga dapat mengalami fenomena deja vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.lantas apa itu deja vu yang sebenarnya ?

dalam beberapa pendapat yang menguhubungkan dengan metafisik menyatakan bahwa fenomena deja vu merupakan hal yang benar adanya dan peristiwa ini terjadi karena hasil pengalaman manusia dimasa lampau dikehiduan sebelum kehidupan saat ini,artinya presepsi ini mempercayai jika ada kehidupan sebelum kehidupan sekrang ini dan pada kehidupan sebelumnya kita juga mengalami peristiwa yang hampir sama dengan peristiwa tertentu pada saat ini sehingga pada saat mengakses informasi yang memiliki kode hampir sama dengan peristiwa masa lampau (dikahidupan sebelumnya) maka pikiran kita akan merespon dan mengindentifikasi informasi tersebut.entah benar atau tidaknya yang jelas ada banyak orang juga mempercayai presepsi ini.

Klafisikasi Deja Vu

ada beberapa klasifikasi dari fenomena deja vu, yang dikemukakan dalam Kajian Dr.Arthur Funkhouser Switzerland menyatakan terdapat 3 jenis deja vu :

Pertama, deja vecu (pernah mengalami) deja vu ini merupakan fenomena kesejajaran peristiwa yang dirasakan oleh manusia dimana manusia tersebut merasa pernah mengalami insiden yang sama diwaktu masa lampau.

Kedua, deja senti (pernah merasakan) yaitu perasaan dalam otak seperti kesedihan dan nostalgia yang terasa pernah dialami pada masa sebelumnya sehingga pada saat mengalaminya lagi terasa hal tersbeut sangat familiar dan benar-benar seperti penah terjadi

Ketiga, deja visite(pernah mengunjungi),mungkin anda pernah berjalan-jalan dan melewatu suatau tempat kemudian anda merasa jika anda pernah datang mengunjungi tempat tersebut namun anda tak tahu pastinya peristiwa itu terjadi inilah yang diseut dengan deja visite.

dan ada juga teori tentang deja vu yang merumuskan, mugkin deja vu terjadi kerana perubahan keseimbangan kimiawi otak. Kajian meneliti dan menemukan tekanan yang dialami otak dan kelebihan hormon dan epinefrina yaitu hormon yg diperoleh dari kelenjar anak ginjal haiwan atau dibuat secara sintesis, digunakan untuk menaikkan tekanan darah dan denyut jantung (adrenalin) di dalam otak mampu meningkatkan sensasi deja vu. Namun teori ini, dibantah sebagian saintis lain.Kajian lain, menyatakan bagi manusia normal, deja vu hanya dialami sekali-sekali, manakalah manusia yang neurotik akan mengalaminya berlipat kali ganda.

Teori lain, deja vu dikatakan kesilapan yang berlaku dalam otak kita sendiri dalam mentafsir apa-apa yang sedang berlangsung di depan mata.Kadang-kadang sebelah mata mencerna apa-apa yang dilihat beberapa mikrosaat lebih awal daripada mata yang satu lagi, menyebabkan otak mentafsir pemandangan kedua-dua mata sekali gus yaitu teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay”.Ada juga saintis mempertikaikan teori ini dengan alasan orang bermata satu pun dapat mengalami deja vu indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya..

Teori lainya tentang deja vu yang dikenal dengan teori “Astral Projection”( roh keluar dari badan semasa tidur ) mengatakan roh kita akan keluar dari badan untuk menunaikan atau memenuhi sesuatu kehendak kita . Apabila kita tidur dengan lena roh kita akan keluar dari badan dan mencari penyelasaian untuk masalah kita atau mencari sesuatu yang kita inginkan. Proses inilah yang digelar ” Astral projection ” atau ” Out of body experience.terlepas dari itun semua kebenaran dan jawababn atas keraguan terhadap peristiwa  deja vu masih ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

3 Comments

  1. IMMawan Herwin says:

    ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ
    Pernah juga saya dengar dari beberapa orang bahwa de javu itu terjadi karena Roh kita yang nyelonong kemasa depan 😀

  2. IMMawan Herwin says:

    ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ
    Pernah juga saya dengar dari beberapa orang bahwa de javu itu terjadi karena Roh kita yang nyelonong kemasa depan 😀 hampir mirip dengan teori yang terahir antum paparkan

  3. Sheldon says:

    Very informative article, i’m regular reader of your site.
    I noticed that your blog is outranked by many other websites in google’s search results.

    You deserve to be in top10. I know what can help
    you, search in google for:
    Omond’s tips outsource the work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *