Sebagai seorang hipnoterapist tentu saya banyak berjumpa dengan orang-orang yang datang untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang ia alami didalam hidupnya,misalkan ada yang datang karena ingin menyelesaikan Phobi,Trauma,kecanduan merokok,insomnia dan psikomatis tapi ada satu permasalahan yang paling sering saya dengarkan dari klient yang datang yaitu “Ingin melupakan mantan Pacar”.saya pertamanya heran juga kenapa bisa ada banyak orang yang mengalami hal tersebut ? sampai akhirnya ada seorang klient saya yang datang sebut saja”Wati”[nama ini hanya nama samaran untuk menjaga privasi].

pada saat pertama saya bertemu dengan wati,saya berfikir jika masalahnya palingan ada pada traumatis atau paling tidak phobia,tapi pas dia duduk dirungan therapy saya mulai interview tentang informasi dasarnya,saat itu dia mulai agak cemas dan kelihatan ragu untuk bicara lebih lanjut,sayapun biasa saja meresponya agar proses penggalian informasi masalahnya nanti tidak terkesan maksa dan menekan,hingga menggunakan beberapa teknik NLP saya berhasil membuatnya bisa bicara dan ternyata masalahnya hanya pada “mantan pacar” saya geli juga mendengarnya,apalagi pas dia mengatakan bagaimana Cara cepat melupakan mantan pacar dan bisa hidup mulai dari awal lagi ? dengan canda saya menjawab seperti SPBU saja maunya mulai dari Nol terus.tentu respon saya ini hanya untuk menghadirkan suasana yang lebih dekat dengan klient.pada awal sesi membuka proses therapy saya sedikit improvisasi dan untuk lebih spesifiknya informasi berikut percakapan saya :

Amran : kalau boleh tahu seberapa besar masalah ini mengganggu anda ?
Wati   : yah sangat mengganggu,karena  setiap malam saya sulit tidur dan pekerjaan saya berantakan.
Amran :kira-kira anda mau ini terjadi pada diri anda sampai kapan ?
Wati  :maunya saya ingin cepat berhenti,karna saya sangat menderita karena ini.
Amran : memang apa saja yang telah kamu lakukan untuk melupakan mantan pacar kamu ?
Wati : yang sering saya lakukan adalah berusaha mengingat sikapnya yang tidak mengenakkan bagi saya,dalam kata lain saya
berusaha mengingat keburukanya.
Amran : apakah itu bisa mengurangi perasaan anda dan bisa membuat anda lupa dengan mantan anda ?
Wati : tidak ! padahal saya sudah berusaha mengingat semua yang buruk agar saya bisa benci dan lupa dengan dia.
Amran :dari pandangan saya,saya berfikir sikap dan cara anda itu justru akan membuat anda semakin ingat dengan dirinya.

Karena pikiran manusia ada yang disebut pikiran bawah sadar yang merupakan bagian pikiran yang berfungsi sebagai sumber imajinasi,kreatifitas,penyimpanan informasi/memory jangka panjang dan pikiran ini menguasai 88% dari kemampuan total Manusia sehingga terkadang ada hal yang tersimpan disni agak sulit dihapus karena penyimpanan berbagai informasi yang ada dipkiran bawah sadar ternyata berdasarkan trigger atau pemicu maksudnya didalam pikiranbisa ibaratkan gundang informasi yang tersekat-sekat dan untuk mengaksesnya diperlukan pemicu atau keywordnya,dan melupakan seseorang dengan mengingat keburukanya sama halnya jika anda berusaha menghadirkanya lebih jelas karena dengan munculnya bentuk,suara dan rasa yang dihadirkan oleh mantan anda maka anda otomatis semakin mengingatnya sampai kemudia informasi tentang kebaikanya juga ikut muncul dipikiran anda. misalkan anda berfikir”dia pernah menyakiti saya,dia sering memarahi saya,dia menghianati saya,saya benci dengan dia meski dia juga pernah baik dan perhatian dengan say meski dia pernah menjadi bagian dari hidup saya” nah perhatikan argumen tersebut ? apakah yang terjadi ? jelas bahwa ketika mengakses informasi tentang seseorang,maka informasi lainya yang masih berhubungan dengan orang tersebut akan ikut terakses kembali,sehingga jika cara ini digunakan justru malah akan menambah beban anda tentang rasa yang anda dapat dari mantan pacar anda.

Wati : Lantas saya harus bagaimana dengan hal tersebut ? bagaimana cara cepat melupakan mantan pacar saya ?
Amran : ah dari tadi bahas mantan pacar,sesekali bahas baju baru juga dong hehehe
Wati : loh kok sampai mau bahas baju baru,apa hubunganya ?
Amran :gini nih,misalkan saya punya baju baru yang sangat saya sukai,bahkan boleh dikata saya menggunakanya sangat sering,bahkan tidak mau melepaskanya,hingga akhirnya baju tersebut kusam,kotor,bahkan ada bagianya yang sobek.kira-kira manurut kamu bagaimana saya menyikapi ini ?
Wati : yah tentu kamu harus beli baju baru kan malu pake baju yang seperti itu.
Amran : oh gitu yah :), kira kalau saya udah beli baju baru,saya harus ngapain lagi ?
Wati : duh ini mau bahas baju atau bantu saya menemukan cara cepat melupakan mantan pacar saya ?
Amran :jawab aja dulu,anggap ini pertanyaan bonus hehehe ?
Wati : oke,jika sudah beli baju yang baru yah kamu lepas dululah baju lamanya terus ganti deh dengan yang baru !
Amran : wah mantap jawabanya…… kalau gitu saya mau jawab dlu pertanyaan kamu yang tadi tentang cara cepat melupakan mantan pacar kamu. cara pertama yaitu cari pacar baru dong untuk menggantikan pacar lama,seperti saran kamu tentang baju saya.kira-kira ngerti gak ?
Wati : hahahahahaha,benar juga yah ? duhhhh bodohnya aku inih..hahahahahaah !

dia mulai senyum-senyum sendiri karena sikapnya kemarin-kemarin,sedikit nyadarlah bagaimana rasanya itu telah membuatnya banyak terhalang dalam menjalani hidupnya.nah lanjut…..

Amran : gini lagi deh saya mau bercerita lagi,boleh gak ?
Wati : waduh,mau curhat ?
Amran : bukan curhat tapi cerita hehehe? mau ngedongen
Wati : okelah,saya dengerin :)
Amran : gini,ini kisah dari dua keluarga yang hidup bertetangga,yang pertama namanya keluarga  pak Ali dan Keluarga kedua adalah keluarga pak Usman,kedua keluarga ini hidupnya rukun,karena mereka memiliki banyak kesamaan,seperti pak Ali hidup bersama istri dan 2 orang anak wanitanya demikian dengan pak Usman yang hidup dengan istri dan kedua anak wanitanta juga.kemudian pada suatu hari istri pak Ali dan Pak Usman,pergi kepasar bareng dan seperti biasanya mereka naik angkot menuju pasar,tapi hal yang tidak disangka datang,angkot yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan hingga kedua wanita ini meninggal dunia. yah tentu pak ALi dan pak Usman sangat terpukul dengan peristiwa ini,hingga hari-hari keduanya banyak berubah,dimana keduanya tidak fokus lagi dengan pekerjaanya dan setiap malam sulit tidur mengingat istrinya,tapi pak Ali masih tetap mengingat ibadahnya  hingga ia sadar jika ada anaknya yang harus ia besarkan dan tanggungjawabpi dari situ pak Ali berusaha untuk tegar dan ikhlas hingga akhirnya ia kembali semangat bekerja dan fokus pada membesarkan anaknya dan untuk istrinya ia cukup mendoakan agar dia tenang dan mendapat tempat yang baik,sampai kemudian anak pak Ali tumbuh dewasa dan menikah tentu kebahagian terasa dikeluarga pak Ali berbeda dengan pak Usman,semenjak peristiwa tersebut ia terpukul,pekerjaanya berantakan sampai ia dipecat dari kantor ia sangat down hingga ia mengalami stress sampai gangguan jiwa dan anak-anaknya harus diasuh oleh mertuanya.

Amran : kira-kira nih,wati kalau saya beri pilihan,mau milih jadi siapa ? pak Ali atau pak Usman ?
Wati : yah jelas pak Ali,saya tidak mau keluarga dan hidup saya hancur hanya karena lupa tawakkal,ikhlas dan ibadah,karena harus yakin jika ada rencana baik dari allah disetiap peristiwa.
Amran : wah kamu bijak yah,:) hebat saya salut.tapi kira-kira kondisi kamu sekarang seperti hampir ada diposisi pak Ali atau Pak Usman ?
Wati : (mikir dulu) hm….hahahahaha bodohnya saya,kenapa mau seperti pak Usman,waduhh saya ternyata selama ini tidak sadar,jika ada hal yang penting lainya yang harus saya perhatikan dibanding mantan pacar saya.hahahaha
Amran : hahahahaahha,baru nyadar yah..?
Wati :hahahah iyya,bener-bener baru nyadar saya :)
Amran : alhamdulillah,kalau Allah swt masih mengizinkan kamu untuk sadar,dan kamu harus banyak ibadah dan ikhlas dalam menjalani hidup :)

lanjut,untuk anda para pembaca yang mengalami hal yang demikian,mestinya ini juga bisa membuat anda lebih cepat dalam melupakan mantan pacar anda,pada garis besarnya yang paling penting yang harus anda lakukan adalah

Cara Cepat Melupakan mantan pacar

Perkuat Ibadah,dengan penguatan ibadah anda maka anda akan banyak paham tentang hal penting lainya yang harus anda lakukan dan dengan ibadah akan membuat anda semakin  dekat dengan pencipta yang senantiasa memberikan jalan disetiap masalah yang hadir,bukandisetiap ujian itu akan ada kelulusan meski terkadang harus melalui remedial dulu.

Ikhlas,adalah suatu hal yang sering kali terlupakan oleh banyak orang,karena ambisi yang besar dan emosi yang tinggi membuatnya terkadang tidak berfikir untuk ikhlas dan justru semakin menekan dirinya tampa mengevaluasi kembali apa yang terjadi pada dirinya.

Syukur,ada banyak orang yang sibuk dengan masalahnya yang disertai dengan keluhan-keluhan yang menyiksanya sehingga membuatnya lupa untuk bersyukur,dan terjadi hal ini mengakibatkan masalah itu semakin bertumpuk semakin terasa berat didalam hidup.jadi anda harus mampu melihat hal lainya yang bisa anda syukuri,misalkan anda masih memiliki sahabat,saudara,keluarga yang menyayangi anda.jangan sampai hal tersebut terabaikan hanya karena satu orang yang telah menyakiti anda.dan pentingnya anda harus bersyukur karena kehilangan orang yang tidak menyayangi anda.

E.G.P,yang saya maksud disini bukan emang gue pikirin melainkan E.G.P (Eliminasi.Ganti.Positif),rubah pandangan anda tentang hal buruk itu menjadi pikiran yang lebih positif,yakin jika setiap peristiwa ada sisi positif dan negatifnya dan tugas anda adalah melihat sisi positifnya saja dan mengabaikan sisi negatifnya.

Lanjut ke percakapan saya dengan Wati,

Wati : bagaimana nih kapan saya ditherapy ?
Amran :saya tanya dulu,kamu masih ingat mantan kamu atau sudah kuat untuk melupakanya ?
Wati : hm …yah gak terlalu ingat sih,justru sekrang saya bisa menerima kondisi ini,dan bisa jauh lebih ikhlas.
Amran : artinya kamu gak nyesek lagi nih ?
Wati : iya..gak lagi lah kan harus mope on
Amran : kalau gitu gak usah ditherapy,kan sudah sembuh.
Wati : iya juga yah hahahahaha,terima kasih pak Amran….

pesan saya kepada anda semua jika semua masalah yang terjadi didunia ini harus anda selesaikan dengan fokus pada sisi positifnya jangan negatifnya,karena kita hidup untuk berteman dengan hal yang positif bukan justru sebaliknya.dan semoag tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk anda semua.terima kasih atas waktu anda membaca tulisan sederhana saya ini.:)

lanjut perbincangan saya dengan wati,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *