Conversational Postulates dalam NLP

aaaa
NLP dalam perspektif Islam
March 1, 2015
Closing dalam hitungan detik dengan NLP
January 5, 2016

Conversational Postulates dalam NLP

Conversational Postulates dalam NLP adalah sebuah pola komunikasi yang bertujuan untuk menyamarkan kalimat perintah melalui pola bahasa yang berupa pertanyaan,namun cenderung direspon dengan tindakan.hal ini dimaksudkan karena dalam komunikasi manusia seringkali diperhadapkan pada lawan bicara yang otoritasnya lebih tinggi sehingga kalimat perintah kurang tepat diucapkan ketika ada maksud untuk memberikan perintah.misalkan saja ada seorang siswa yang sedang membersihkan  ruang kelas belajar karena sedang piket,ditengah aktifitasnya membersihkan,tiba-tiba bel jam masuk telah berbunyi dan kegiatan membersihkanya belum usai kemudian datanglah seorang guru dan langsung duduk di meja guru,sang guru berkata “silahkan selesaikan tugas piketnya”.sambil terus menyapu ruang kelas hingga dimeja guru siswa ingin menyapu lantai dibawah meja dan  guru,namun sang guru sedang duduk. pada kondisi ini penggunaan kalimat seringkali mempengaruhi respon.dan pada kondisi ini pilihanya ada 2 yaitu kalimat perintah pertama : “Pak,minggir dulu,saya mau menyapu lantai dibawah meja bapak !” .menurut anda jika menggunakan kalimat ini maka bagaimana respon guru ? mungkin saja guru bergeser tapi dalam penilaianya,akan muncul asumsi bahwa sang siswa kurang ajar dan tidak sopan. dan kalimat perintah kedua dapat menggunakan kalimat : “Permisi Pak,bisa boleh berdiri sebentar pak ? saya ingin membersihkan lantai dibawah meja bapak ?”. kalimat inilah yang dimaksud dengan Conversational Postulates didalam NLP.Conversational Postulates termasuk pola bahasa dalam Milton Model atau pola bahasa Hipnotic Milton H Erickson.Conversational Postulates merupakan pola bahasa berupa kalimat pertanyaan yang jawabanya “Ya” atau “Tidak” namun seringkali direspon dengan tindakan atau gerakan yang membuat kalimat pertanyaan tersebut seolah-olah kalimat perintah.

Conversational Postulates sangat berguna bagi anda agar dalam komunikasi dengan seseorang yang memiliki otoritas yang lebih tinggi dapat terjalin dengan baik sehingga respon yang anda dapatkan juga baik,sebagaimana tujuan komunikasi itu sendiri adalah respon yang anda dapatkan.agar anda lebih terlatih dan sadar dalam memantapkan kemampuan komunikasi anda,maka lakukan latihan dengan memikirkan kalimat-kalimat yang seringkali anda gunakan yang tidak lain adalah pola bahasa Milton yang berupa Conversational Postulates.misalkan saja :

Bisa berdiri sejenak pak ?

Bisa bergeser kekanan ?

Bisa minta waktunya sejenak pak ?

Bisa pinjam Hp-nya ?

dan kalimat-kalimat diatas hanyalah sedikit dari banyaknya kalimat Conversational Postulates yang  dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.selamat mencoba,semoga bermanfaat :)

1 Comment

  1. […] anda akan lebih mudah dalam mendapatkan kata Deal dalam prospek anda,misalkan saja Pola Bahasa Conversational Postulates ,atau Pola Bahasa Doble Binds yakni memberikan dua pilihan yang subtansinya sama misalkan : mau […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *