Beberapa waktu lalu aaaaada seorang teman dimedsos yang bertanya kepada saya, kurang lebih pertanyaanya seperti ini : ” Pak Amran, lebih sakti mana sih, NLP atau Hypnosis ? ” dan bagi saya pertanyaan ini agak lucu tapi menarik untuk dibahas.karena tidak sedikit orang yang mempelajari ilmu pengembangan diri ini terkadang turut berasumsi yang sama,yakni asumsi yang membanding-bandingkan kedua pengetahuan  ini. dan ini yang menjadi latar belakang saya untukmenulis artike ini.

Baik sebelum jauh membahas tentang kesaktian kesaktian kedua pengetahuan ini,terlebih dahulu kita share sedikit tentang apa sih NLP itu ? dan apa sih Hypnosis itu ?. kita mulai dari NLP yahh….

NLP adalah sebuah pengetahuan yang subtansinya adalah tools-tools atau pengetahuan teknis tentang seni komunikasi yang mempengaruhi sistem pikiran manusia sehingga dapat mempengaruhi arah prilaku manusia.bukan hanya sebatas itu saja, NLP juga memuat berbagai pengetahuan tentang kerangka berfikir manusia yang begitu kompleks. olehnya itu dengan memahami NLP maka seorang praktisi akan memiliki daya control yang kuat dan terarah terhadap potensinya sendiri, demikian terhadap orang lain.jadi jika diibaratkan sebuah HP maka NLP adalah buku panduan operasional sistem HP yang anda dapatkan ketika membeli sebuah HP. sayangnya tidak sedikit diantara kita tidak memahami  panduan- panduan itu,sehingga dalam penggunaanya terkadang mengalami kendala hingga kerusakan. nahh demikian pula dengan manusia,dimana banyak manusia yang sulit mengendalikan dan menempatkan cara berfikirnya dengan tepat dan benar.

Lanjut……

Selanjutnya hypnosis, ini merupakan  pengetahuan yang subtansinya menitikberatkan pada proses  pengiriman informasi untuk diterima oleh bawah sadar yang didahului dengan menonaktifkan area kritis pikiran manusia. sebagaimana yang kita ketahui jika bawah sadar adalah bagian pikiran manusia yang memiliki daya 88 % terhadap diri manusia itu sendiri.oleh karena itu sebuah informasi yang dikirim dan diterima oleh bawah sadar akan menjadi informasi yang kuat untuk menggerakan manusia itu.dan inilah yang ditawarkan oleh hipnosis, yang dimana akan memberikan anda kemampuan untuk menggerakan diri anda dan manusia lainya dengan menyentuh bagian pikiran terkuat yang ada didalam diri (bawah sadar).

lalu menjawab pertanyaan diawal ” yang manakah yang lebih sakti ? “

saya rasa teman-teman pembaca sangat paham jika segala sesuatu didunia ini,bentuk pengaruhinya bukan pada objeknya tapi pada subjeknya,artinya segala pengetahuan atau kebendaan tidaklah berpengaruh besar kecuali digunakan tepat oleh penggunanya. misalkan saja pengetahuan matematika akan sangat bermanfaat jika seseorang menggunakanya dengan tepat misalkan pada lembaga survey, bisnis dll. atau  misalkan pada benda anggap saja kursi,dimana tidak hanya bisa digunakan untuk duduk tapi dapat pula untuk membunuh.tergantung siapa yang menggunakanya. demikian pula dengan pengetahuan NLP dan Hypnosis,kedua pengetahuan ini hanya akan menjadi sebatas teori jika yang mempelajarinya tidak mengaplikasikanya dengan tepat.

NLP akan sangat bermanfaat untuk anda gunakan dalam membangun kedekatan dengan orang lain hingga untuk mempengaruhi prilaku dan keputusan orang lain,demikian hipnosis. namum kebanyakan pada era saat ini hipnosis masih banyak menggunakan hipnosis formal yang melalui proses atau tahapan untuk menggiring pikiran subjek memasuki kondisi trance atau memasuki bagian fungsi pikiran bawah sadar. sehingga muncul asumsi jika Hipnosis lebih terpola menggunakan struktur tertentu. sehingga ini menjadi pembeda yang menonjol antara NLP dan Hypnosis. tapi perlu dipahami jika kedua pengetahuan ini memiliki tujuan fungsi yang sama.hanya pada cara menggunakanya saja yang sedikit ada perbedaan.

NLP dan hipnosis akan sangat berperan besar kepada anda,apapun profesi anda, dibidang apapun anda berada karena pengetahuan ini adalah pengetahuan tentang menusia,termasuk dirimu dan dirinya. selama ada manusia maka pengetahuan ini akan terus ada dan digunakan. hanya yang menjadi persoalan adalah apakah anda sudah memahami dan mengerti cara mengaplikasikanya dalam diri anda dan terhadap orang lain.

untuk lebih  memahami NLP dan hipnosis anda dapat membaca artikel lainya atau langsung mengikuti peatihan yang sudah terupdate pada jadwal MF Association.

Semoga artikel ini bermanfaat…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *