Raih Hidup Positif dengan Sentuhan Reframming ala NLP

Optimasi Impian Part.1
January 15, 2016
NLP vs Hypnosis
February 16, 2017

Raih Hidup Positif dengan Sentuhan Reframming ala NLP

reframe-yourmind

Hal yang paling buruk yang menimpa banyak orang saat ini adalah terjebak pada sisi pandang yang negatif terhadap apa yang terjadi didalam hidupnya. cara pandang atau dalam NLP disebut Frame adalah sebuah proses yang sangat penting atau vital dalam membentuk mindset setiap manusia.dan pada realitasnya, ada banyak manusia yang mengalami ketidak sesuaikan atau tidak tepatnya proses membentuk sebuah frame terhadap setiap fenomena yang terjadi didalam hidupnya.

mungkin juga ada diantara anda yang sering mengalami hal ini, dimana suatu ketika anda mampu memberikan banyak solusi bagi orang lain yang sedang mengalami masalah dalam hidupnya tapi ketika anda sendiri yang mengalami sebuah kejadian yang buruk maka andapun tida mampu menemukan solusi yang tepat bagi diri anda sendiri. lalu apa yang menyebabkan hal itu terjadi ?. 

secara sederhana realitas yang terjadi pada setiap fenomena adalah hal yang tidak bermakna sama sekali atau dalam kata lain seuatu kejadian memuat makna yang netral (tidak bermakna), yang memiliki peran memaknainya adalah anda sendiri dalam hal ini hasil kerja dari pikiran anda.seperti kisah berikut ini :

suatu ketika seorang anak mengajak ayahnya untuk pergi memancing bersama namun sang ayah belum mampu menuruti sang anak karena aktifitas kantor yang padat. dan pada suatu minggu dimana ketika sang ayah sudah memiliki waktu luang maka ia mengajak sang anak untuk pergi memancing.. kemudian di hari minggu maka berangkatlah mereka untuk memancing bersama disebuah danau. dan sejak pagi hari hingga menjelang petang sang ayah dan anak tida mendapatkan ikan meski satupun.hingga mereka pulang. setiba dirumah mereka disambut oleh sang ibu dan ibu bertanya kepada sang ayah “bagaimana memancingnya hari ini ?” sang ayah menjawab dengan nada kecewa “sial ma’, ayah sudah luangkan waktu mancing, ehh.. malah seharian hanya dapet panas terik matahari tanpa satupun ikan yang bisa didapatkan, huff ayah sangat kecewa”. kemudia lanjut ibu bertanya kepada sang anak ” nak,gimana mancingnya ?” anak menjawab “saya sangat senang ma’, setelah beberapa lama saya sangat berharap bisa mancing bersama ayah, akhirnya hari ini bisa terwujud.meskipun tak mendapatkan ikan, saya tetap sangat senang bisa bersama ayah seharian di lokasi mancing”.

pada kondisi yang sama ,  dilakukan pada waktu dan lokasi yang sama tapi dimaknai berbeda oleh dua pelakunya.ini membuktikan jika fenomena itu netral, dan manusianyalah yang berperan memberkanya makna. maka dari itu dikenal istilah ReFramming didalam NLP  yang berperan dalam memberikan makna baru yang positif pada setiap fenomena yang terjadi dalam hidup anda.karena pada dasarnya setiap kejadian atau fenomena memiliki maksud baik. dan kesalahanya ada pada cara manusia yang terjebak pada sisi pandang yang negatif. bahkan tidak jarang ada manusia yang sampai menyalahkan Tuhan dan kecewa terhadap ketetapan yang diberikan oleh tuhan.

hal yang terpenting didalam proses ReFramming adalah melakukan identifikasi terhadap kejadian yang ada dan focus pada sisi baikya.dan anda dapat melakukanya dengan ReFramming Konten atau konteksnya misalkan : anda kehilangan motor karena di curi. maka secara sederhana ReFramming secara konten “bahwa kehilangan motor adalah ujian kesabaran bagi anda serta untuk memotivasi anda kembali agar lebih giat berusaha untuk mendapatkan kendaraan yang baru” atau ” bahwa sang pencuri mungkin sedang dalam kondisi yang tertekan secara ekonomi didalam hidupnya sehingga ia sangat membutuhkan motor anda untuk meringankan beban hidupnya dan keluarganya,dan anda orang pilihan untuk membantunya,sehingga anda harus ikhlas”. dan secara konteks ReFramming : ” anda harus bersyukur kehilangan motor,karena bisa saja jika motor anda masih ada,dan anda mengendarainya kemudian anda mengalami kecelakaan yang bisa menyebabkan anda kehilangan organ tubuh anda hingga nyawa anda”.

pada intinya ReFramming mengarahkan anda untuk memaknai sesuatu dengan baik dan positif . dan menghindarkan ada pada jebakan makna negatif karena memaknai sesuatu secara negatif hanya membuat hidup anda semakin sulit.dan yakini jika segala yang terjadi adalah tetapan Tuhan yang terbaik diantara tetapan lainya yang dihindarkan dari anda.dan anda hari ini bukan hanya berasal dari setiap kejadian dimasa lalu melainkan anda hari ini adalah hasil dan respon dan cara anda memaknai setiap kejadian dimasa lalu.

silahkan baca artikel lainya untuk memahami Framming dan ReFraming lebih lanjut…..

semoga bermanfaat,sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *